Kamis, 17 Oktober 2013

Bahasa Indonesia Kelas V

MENULIS KARANGAN
BERDASARKAN PENGALAMAN



Cara menulis karangan yaitu dengan membuat kerangka karangan  terlebih dahulu. Kerangka karangan merupakan rencana penulisan untuk suatu teks.   Kerangka karangan  memudahkan kamu dalam menyusun cerita. Selain itu, urutan hal atau masalah yang akan ditulis sesuai dengan alur (jalan cerita) karangan. Kamu dapat menulis sebuah karangan berdasarkan pengalamanmu.
Menulis karangan memerlukan langkah-langkah tertentu. Perhatikan langkah berikut ini.
1.      Kamu harus memilih dan menentukan tema atau topik. Ambillah topik dari pengalamanmu yang menarik.
2.      Tulislah butir-butir pokok pengalaman sebagai kerangka karangan.
3.      Kembangkan butir-butir pokok kerangka menjadi karangan yang utuh.






LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS)

Buatlah Sebuah karangan berdasarkan pengalamanmu yang menarik menggunakan langkah-langkah berikut!

1.      Tentukan tema atau topik dari pengalamanmu yang menarik!
2.      Tulislah butir-butir pokok pengalaman sebagai kerangka karangan
3.      Kembangkan butir-butir pokok kerangka menjadi karangan yang utuh.

1.     Tema      :…………………..
2.     Kerangka karangan
Paragraf 1        :…………………..
Paragraf 2        : ………………….
Paragraf 3        : ………………….
Paragraf 4        :  …………………
…….

3.     ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………




Kunci Jawaban LKS

 Kunci jawaban tergantung pada hasil tulisan/karangan siswa.




  







LEMBAR PENILAIAN

Bacalah bacaan di bawah ini dengan seksama!

Kegiatan Palang Merah remaja di kampungku

Beberapa hari yang lalu datang serombongan anggota palang merah remaja atau PMR di kampungku. rombongan yang berjumlah 10 orang itu menginap di rumah kepala desa
Selama dua hari, para anggota Palang Merah Remaja melakukan berbagai kegiatan. Kegiatan mereka adalah menyadarkan warga kampung akan pentingnya tolong menolong antarsesama manusia
membantu sesama manusia tidak selalu harus dengan cara memberi uang dalam jumlah besar kepada seseorang, begitu kata salah seorang anggota PMR. Kita dapat memberikan pakaian bekas atau sepatu bekas yang masih pantas dipakai kepada yang membutuhkan. bantuan ini dapat diserahkan melalui PMI dan PMI akan meneruskan bantuan itu kepada orang orang yang membutuhkan.
Selain memberi penerangan tentang pentingnya tolong menolong antar umat manusia para aggota PMI juga memberikan bantuan kepada fakir miskin yang ada di kampungku. Mereka juga memberi bimbingan tentang PPPK. Senang rasanya bergaul dan bekerja dengan anggota PMR.

Kerjakan soal di bawah ini berdasarkan pada bacaan diatas
1.      Perbaikilah paragraph diatas dengan menggunakan ejaan dan tanda baca yang benar!
2.      Berdasarkan bacaan diatas tulislah ide pokok tiap paragraf!





KUNCI JAWABAN LEMBAR PENILAIAN


1.                  Beberapa hari yang lalu datang serombongan anggota Palang Merah Remaja atau PMR di kampungku. Rombongan yang berjumlah 10 orang itu menginap di rumah kepala desa.
Selama dua hari, para anggota Palang Merah Remaja melakukan berbagai kegiatan. Kegiatan mereka adalah menyadarkan warga kampung akan pentingnya tolong menolong antarsesama manusia.
Membantu sesama manusia tidak selalu harus dengan cara memberi uang dalam jumlah besar kepada seseorang, begitu kata salah seorang anggota PMR. Kita dapat memberikan pakaian bekas atau sepatu bekas yang masih pantas dipakai kepada yang membutuhkan. Bantuan ini dapat diserahkan melalui PMI dan PMI akan meneruskan bantuan itu kepada orang-orang yang membutuhkan.
Selain memberi penerangan tentang pentingnya tolong menolong antar umat manusia, para aggota PMI juga memberikan bantuan kepada fakir miskin yang ada di kampungku. Mereka juga memberi bimbingan tentang PPPK. Senang rasanya bergaul dan bekerja dengan anggota PMR

2.      Paragraf I            : Beberapa hari yang lalu datang serombongan anggota Palang Merah Remaja atau       PMR di kampungku.
Paragraf II           : Selama dua hari, para anggota Palang Merah Remaja melakukan berbagai kegiatan.
Paragraf III         : Membantu sesama manusia tidak selalu harus dengan cara memberi uang dalam jumlah besar kepada seseorang, begitu kata salah seorang anggota PMR.
Paragraf IV          : Senang rasanya bergaul dan bekerja dengan anggota PMR.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar